PROFIL
PERPUSTAKAAN
SMP 1
SUKOHARJO, KABUPATEN WONOSOBO
A. LATAR BELAKANG
Berdasarkan
Undang-Undang Nomor 2 tahun 1989 Pasal 35 tentang sistem pendidikan Nasional dinyatakan
bahwa pendidikan tidak mungkin terselenggara dengan baik bilamana tenaga
kependidikan dan peserta didik tidak didukung oleh sumber belajar yang diperlukan untuk
penyelenggaraan kegiatan belajar yang bersangkutan. “salah satu sumber belajar yang amat penting tetapi bukan satu-satunya
adalah perpustakaan sekolah” yang memungkinkan para tenaga pendidik, tenaga
kependidikan dan para peserta didik memperoleh pengetahuan, sedangkan dalam
Undang-Undang Pendidikan Nasional yang baru Nomor 20 tahun 2003 pasal 45 tidak
secara implisit menyebutkan bahwa “agar setiap satuan pendidikan jalur
pendidikan harus menyediakan perpustakaan sebagai sumber belajar. Namun
undang-undang tersebut menyatakan bahwa “setiap satuan pendidikan formal dan
non formal menyediakan sarana dan prasarana yang memenuhi keperluan pendidikan
sesuai dengan pertumbuhan dan perkembangan potensi fisik, kecerdasan,
intelektual, sosial, emosional dan kejiwaan peserta didik. Secara Implisit
perpustakaan termasuk dalam pengertian sarana dan prasarana pendidikan, maka
pengadaannya harus memenuhi ketentuan tersebut.
Dengan
memperhatikan Undang-Undang tersebut maka Perpustakaan Sekolah perlu ditumbuh
kembangkan dan diberdayakan sesuai amanat tersebut, oleh karena itu
Perpustakaan SMP 1 Sukoharjo berupaya untuk mengembangkan dan meningkatkan
dalam Pengelolaan Perpustakaan.
Dalam
rangka mengembangkan dan meningkatkan fungsi dan peran Perpustakaan SMP 1
Sukoharjo perlu dipertimbangkan hal-hal antara lain :
a. Kondisi gedung/ruang perpustakaan
b. Petugas pengelola / Sumber Daya Manusia
c. Bahan koleksi dan pengolahannya
d. Sumber dana
Dengan
didukung gedung/ruang perpustakaan yang memadai serta petugas pengelola yang
handala akan mempercepat terwujudnya tujuan dan fungsi perpustakaan.
Perpustakaan
sekolah akan lebih bermanfaat jika benar-benar memperlancar pencapaian tujuan
proses pembelajaran di sekolah. Indikasi manfaat tersebut tidak hanya tingginya
prestasi peserta didik, tetapi lebih jauh lagi, antara lain peserta didik mampu
mencari, menemukan, menyaring dan menilai informasi, terbiasa belajar sendiri,
terlatih bertanggung jawab, serta selalu mengikuti perkembangan ilmu penetahuan
dan teknologi.
B. TUJUAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH
Selain
untuk mengaktualisasi UU No. 2 Tahun 1989 Pasal 35 tersebut, Perpustakaan Sekolah
mempunyai tujuan utama yaitu membantu
proses belajar mengajar disekolah agar para pendidik, para tenaga kependidikan
dan para peserta didik mendapat kemudahan dalam mengembangkan ilmu pengetahuan
yang dipelajari.
C. FUNGSI PERPUSTAKAAN
Perpustakaan
Sekolah juga mempunyai fungsi yang sangat strategis sebagaimana Surat keputusan
Nomor 108/1981 tentang Pokok-Pokok
Kebijakan Pembinaan dan Pengembangan Perpustakaan di Indonesia. Menurut
Surat Keputusan tersebut Perpustakaan Sekolah mengembangkan fungsi sebagai
berikut :
- Sebagai
pusat kegiatan belajar mengajar
- Sebagai
pusat penelitian sederhana
- Sebagai
pusat sarana balajar mandiri dan meningkatkan minat baca
- Meningkatkan
wawasan dan pengetahuan peserta didik
- Sebagai
Tempat Rekreasi
- Sebagai
Pusat Dokumentasi dan Informasi
(PUSDOKINFO).
D. VISI DAN MISI PERPUSTAKAAN SMP 1SUKOHARJO
-
Visi
Perpustakaan SMP 1 Sukoharjo adalah :
“Gemar
membaca, unggul dalam prestasi”
-
Misi
Perpustakaan SMP 1 Sukoharjo adalah :
1.
Memanfaatkan perpustakaan sekolah secara optimal
yang mengarah pada pencapaian mutu pendidikan
2.
Mengembangkan minat baca sebagai upaya
meningkatkan pengetahuan dan perluasan dalam wawasan peserta didik
3.
Menggali kreativitas siswa yang sesuai dengan
pengembangan bakat, minat, kemampuan dan ketrampilan peserta didik
4. Mendukung
kelancaran proses belajar mengajar dengan menyediakan sarana prasarana yang
diperlukan
E. KEDUDUKAN PERPUSTAKAAN SMP 1 SUKOHARJO
Organisasi
Intern Perpustakaan SMP 1 Sukoharjo yaitu dibawah Pembinaan Kepala Sekolah dengan
seorang Koordinator sebagai Penanggungjawabnya. Adapun Organisasi Ekstern
dengan Organisasi Induknya keberadaan masih dalam satu lingkungan, yaitu
Lingkungan SMP 1 Sukoharjo hingga daya jangkau pelayanan Perpustakaan masih
dapat dimungkinkan.
Perpustakaan
SMP 1 Sukoharjo melayani sirkulasi peminjaman bahan pustaka untuk seluruh warga
sekolah : tenaga pendidik, tenaga kependidikan dan peserta didik.
F. SARANA DAN PRASARANA
Perpustakaan
SMP 1 Sukoharjo telah mempunyai sarana dan prasarana pendukung yang cukup
memadai untuk keberadaan sebuah Perpustakaan Sekolah. Namun masih harus
ditingkatkan sehingga menjadi sebuah perpustakaan yang representatif yang mampu
melayani para pengguna jasanya sesuai dengan kemajuan teknologi yang terus
berkembang.
Sarana
Prasarana tersebut adalah :
NO.
|
JENIS
|
VOL
|
KURANG
|
1
|
Gedung / ruangan
|
1 Unit
|
|
2
|
Luas Bangunan
|
7
X10 m² dan 9X12 m²
|
|
3
|
Luas ruang layanan
Ruang Gudang / Arsip
|
7X9
m²
3X10
m²
3X10
m²
4X4
m²
3X7
m²
|
|
4
|
Kapasitas Pengunjung
|
100
|
G. PERALATAN / PERLENGKAPAN
NO.
|
JENIS
|
VOL
|
JUMLAH
|
STANDAR
|
1
|
Meja Sirkulasi / Layanan
|
Ada
|
1
|
|
2
|
Rak Penitipan Tas / Locker
|
Ada
|
1
|
|
3
|
Rak Buku satu muka
|
Ada
|
0
|
|
4
|
Rak Buku dua muka
|
Ada
|
3
|
|
5
|
Rak Majalah
|
Ada
|
1
|
|
6
|
Rak Koran
|
Ada
|
1
|
|
7
|
Meja baca
|
Ada
|
10
|
|
8
|
Kursi baca
|
Ada
|
100
|
|
9
|
Meja Baca Perorangan / Study carel
|
Ada
|
4
|
|
10
|
Meja kerja Petugas
|
Ada
|
1
|
|
11
|
Kotak Katalog
|
Ada
|
2
|
|
12
|
Rak Atlas
|
Ada
|
1
|
|
13
|
Papan Display Buku Baru
|
Ada
|
1
|
|
14
|
Almari Referensi
|
Ada
|
3
|
|
15
|
Almari Perpustakaan
|
Ada
|
-
|
|
16
|
Filling Kabinet
|
Ada
|
1
|
|
17
|
Papan Pengumuman
|
Ada
|
1
|
|
18
|
Komputer
|
Ada
|
6
|
|
19
|
TV
|
Ada
|
1
|
|
20
|
CD Player
|
Ada
|
1
|
|
21
|
VCD CTL Program
|
Ada
|
1
|
|
22
|
Tape Recorder
|
Ada
|
1
|
|
23
|
Speaker Active
|
Ada
|
2
|
|
24
|
Kipas Angin
|
Ada
|
1
|
|
25
|
Stempel Perpustakaan
|
Ada
|
2
|
|
26
|
Stempel Inventaris
|
Ada
|
2
|
|
27
|
Stempel tanggal
|
Ada
|
2
|
|
H. KELENGKAPAN ADMINISTRASI
NO.
|
JENIS
|
VOL
|
JUMLAH
|
KURANG
|
1
|
Buku Pengunjung
|
Ada
|
3
|
|
2
|
Buku Peminjaman
|
Ada
|
1
|
|
3
|
Buku Tamu
|
Ada
|
1
|
|
4
|
Buku Induk Perpustakaan
|
Ada
|
4
|
|
5
|
Buku Klasifikasi DDC
|
Ada
|
3
|
|
6
|
Buku Daftar Tajuk Subjek
|
Ada
|
1
|
|
7
|
Papan Statistik
|
Ada
|
1
|
|
8
|
Kartu Anggota / Peminjaman
|
Ada
|
-
|
|
9
|
Label Buku
|
Ada
|
-
|
|
10
|
Kartu Buku
|
Ada
|
-
|
|
11
|
Kantong Kartu Buku
|
Ada
|
-
|
|
12
|
Lembar Tanggal Kembali/Kendali
|
Ada
|
-
|
I.
KOLEKSI
DATA KOLEKSI PERPUSTAKAAN
NO
|
JENIS KOLEKSI
|
JUMLAH JUDUL
|
JUMLAH (EKS)
|
1
|
BUKU FIKSI
|
300
|
370
|
2
|
BUKU NON FIKSI
|
2577
|
4985
|
4
|
BUKU REFERENSI
|
152
|
437
|
5
|
BUKU KOLEKSI KHUSUS
|
178
|
178
|
JUMLAH KOLEKSI
|
3207
|
5970
|
|
6
|
BUKU PAKET
|
1679
|
1679
|
7
|
SURAT KABAR / TABLOID
|
2
|
2
|
8
|
MAJALAH
|
304
|
304
|
9
|
KLIPING
|
16
|
16
|
10
|
KARYA TULIS
|
138
|
138
|
11
|
SKRIPSI
|
2
|
2
|
12
|
TESIS
|
1
|
1
|
13
|
PTK
|
2
|
2
|
14
|
LAPORAN PRAKTIK KERJA
PERPUSTAKAAN
|
1
|
1
|
JUMLAH KOLEKSI
|
2145
|
2145
|
|
JUMLAH KESELURUHAN
|
5352
|
8115
|
KOLEKSI BUKAN BUKU
NO
|
JENIS KOLEKSI
|
JUMLAH JUDUL
|
JUMLAH (EKS)
|
KARTOGRAFI
|
|||
1
|
PETA
|
15
|
15
|
2
|
GLOBE
|
2
|
2
|
3
|
PERAGA PENDIDIKAN
|
-
|
-
|
JUMLAH KOLEKSI
|
16
|
16
|
|
NON BOOK MATERIAL
|
|||
4
|
VCD E. Book
|
-
|
-
|
5
|
MICRO FILM
|
-
|
-
|
6
|
CASSETE
|
-
|
-
|
7
|
VIDEO CASSETE
|
-
|
-
|
8
|
VIDEO DVD
|
123
|
123
|
9
|
LCD
|
4
|
41
|
JUMLAH KOLEKSI LAIN
|
J. PERSONALIA DAN TUGAS PERSONALIA
1. PERSONALIA
Untuk
mengimplementasikan kebijakan pemerintah dan tercapainya tujuan dan fungsi
Perpustakaan Sekolah khususnya Tujuan dan Fungsi Perpustakaan SMP 1 Sukoharjo,
maka struktur organisasi perpustakaan adalah sebagai berikut :
K.
STRUKTUR ORGANISASI PERPUSTAKAAN SMP 1 SUKOHARJO KABUPATEN WONOSOBO TAHUN PELAJARAN
2017/2018
No
|
Nama
|
NIP
|
Pangkat Gol/Ruang
|
Jabatan dalam Struktur Organisasi
|
1
|
R.OKTRIONO HDS.SPd.MM
|
19721003 199903 1 011
|
IVA
|
Kepala Sekolah
|
2
|
Drs.H.M.TAJUDIN
|
196512141990031009
|
IVA
|
Kepala Perpustakaan
|
3
|
KHASAN TOLABI
|
19621215 19903 1 013
|
III B
|
P. Pengadaan
|
4
|
KETTY USTETTY, S.Pd
|
19800913 200903 2005
|
III B
|
P. Pengolahan
|
5
|
ISTINGANATUN
NAFISYAH, S.I. Pust
|
-
|
-
|
P. Pelayanan
|
L. RINCIAN TUGAS PENGELOLA PERPUSTAKAAN
1. KEPALA / KOORDINATOR PERPUSTAKAAN
a. Bersama petugas perpustakaan menyusun
program kerja perpustakaan
b. Mengadakan koordinasi dan pengawasan semua
kegiatan perpustakaan sekolah sehingga semua mengarah pada tujuan.
c. Mengadakan supervisi pelaksanaan tugas
kegiatan perpustakaan secara terencana dan berkelanjutan.
d. Mengadakan kerjasama dengan perpustakaan
umum kabupaten Wonosobo dan institute terkait.
e. Menyusun pelaporan kegiatan perpustakaan
bersama staf perpustakaan.
2. PETUGAS UNIT TATA USAHA
a. Mengerjakan buku agenda surat masuk dan
keluar
b. Melakukan Pengarsipan surat masuk dan
keluar.
c. Mengelola keuangan perpustakaan
d. Mengadakan dan melakukan perawatan
buku-buku dan sarana prasarana perpustakaan.
e. Menyusun laporan kegiatan sesuai dengan
program kerja
3. PETUGAS UNIT LAYANAN TEKNIS
a. Mengadakan bahan-bahan pustaka
b. Menginventarsasi bahan-bahan pustaka
c. Mengklasifikasi dan katalogisasi buku-buku
perpustakaan
d. Membuat perlengkapan buku (call number,
catalog buku, kartu buku dan slip tanggal)
e. Menyusun buku sesuai dengan
klasifikasinya.
f. Melakukan print out data untuk catalog,
barcode dan kartu anggota.
g. Membuat daftar statistic pengunjung,
peminjam dan buku yang dipinjam.
h. Membuat Grafik Pengunjung, Peminjam dan
Buku yang dipinjam.
i.
Mendata
Penerimaan Surat Kabar dan Majalah.
4. PETUGAS UNIT LAYANAN PEMBACA
a. Melayan Peminjaman dan Pengembalian Buku
b. Mengarahkan dan Membimbing para Pembaca
c. Memberikan bantuan Informasi
d. Membantu Layanan Referensi, Audio visual
Bekerjasama dengan Petugas Perpustakaan lain.
e. Kerja rutin harian, seperti :
-
Membubuhkan
stempel pada buku baru.
-
Mengklasifikasi
buku-buku.
-
Memasang
kantong buku dan kartu buku.
-
Memasang
sampul buku.
-
Menginventarisasi
pada buku induk.
-
Memasukkan
dan merapikan kembali buku-buku di almari dan rak buku
-
Melakukan
pencatatan statistic harian.
-
Melayani
sirkulasi peminjam dan pengembalian kolesi perpustakaan.
-
Melakukan
perawatan buku-buku yang rusak.
M. TUGAS PERSONALIA
- PEMBINA / PENANGGUNG JAWAB :
a. Bertanggung jawab secara umum agar
Perpustakaan dapat berdaya guna dan berhasil guna sesuai dengan Undang-undang
No. 2 Tahun 1989 Pasal 3 tentang Penyelenggaraan Pendidikan.
b. Memberikan pembinaan melalui kursus-kursus
atau mengikutsertakan Petugas Perpustakaan dalam Pelatihan-pelatihan yang
diadakan oleh Dinas Pendidikan, Kantor Perpustakaan Daerah untuk meningkatkan
Skill petugas perpustakaan.
c. Mengalokasikan Dana Perpustakaan untuk :
-
Perbaikan
sarana / ruang Perpustakaan.
-
Menambah
Koleksi buku-buku Perpustakaan.
-
Meningkatkan
Kesejahteraan Petugas Perpustakaan.
-
Pembenahan
Administrasi
- KOORDINATOR :
a. Sebagai Koordinator Perpustakaan bertugas
:
-
Membuat
Program Perpustakaan baik jangka pendek, menengah dan jangka panjanag.
-
Mengadakan
kerjasama dengan Perpustakaan Umum baik Kabupaten, Provinsi atau Nasioanal dan
Perpustakaan Sekolah lainnya.
-
Membuat
Laporan Penanggungjawaban Pelaksanaan
Perpustakaan setiap tahunnya.
b. Sebagai Bahan Pengadaan Bahan Pustaka :
-
Menyusun
rencana pengadaan bahan-bahan pustaka.
-
Mengadakan
pembelian bahan-bahan pustaka.
-
Mengajukan
permohonan penambahan buku baik ke perpustakaan maupun dinas pendidikan.
c. Sebagai Bagian Pengolahan Bahan Pustaka :
-
Membuat
Buku Induk Perpustakaan.
-
Mengklasifikasi
Bahan Pustaka.
-
Membuat
Grafik Pengunjung, Peminjam dan Buku yang dipinjam.
-
Membuat
Pelayanan Informasi.
- BAGIAN PELAYANAN :
-
Melayani
pengguna Perpustakaan baik Peminjam / Pengunjung / Pembaca perpustakaan.
-
Menyusun
bahan pustaka agar sesuai dengan kelasnya.
-
Menghitung
jumlah pengunjung / Pembaca / Peminjam Buku Perpustakaan setiap hari.
-
Mendata
keluar masuknya Koran / Majalah.
-
Membuat
Buku Induk Anggota.
-
Menyusun
Buku sesuai dengan Klasifikasinya.
-
Pengecapan,
penyampulan buku Perpustakaan.
-
Merapikan
dan membersihkan ruang Perpustakaan.
-
Membantu
bagian Pelayanan.
- KERJA
RUTIN HARIAN :
a. Memberi stempel pada buku-buku yang baru.
b. Mengklasifikasi buku.
c. Memasang Label Buku.
d. Memasang kantong buku dan kartu buku.
e. Memasang Slip Pengembalian.
f. Memasang sampul buku.
g. Menginventarisasikan di Buku Induk.
h. Mengisi Buku Pengolahan Katalogisasi
Deskripsi.
i.
Membuat
Katalogisasi.
j.
Memasukkan
buku pada rak, almari yang telah ditentukan menurut Sistem DDC.
k. Mencatat Sirkulasi Harian.
l.
Melayani
Sirkulasi Peminjaman dan Pengembalian Koleksi Perpustakaan.
m. Merawat buku-buku yang rusak dan Penjilidan.
n. Mengarsip Soal-soal Ulangan Umum Semester
II dan II.
o. Mengarsip Soal-soal Ujian Nasional dan
Ujian Sekolah.
p. Mengarsip Karya Tulis.
q. Mengarsip Kliping Siswa.
N. DATA STATISTIK PERPUSTAKAAN SMP NEGERI 1
SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2017/2018
- DATA
PENGUNJUNG DALAM TAHUN INI
JANUARI
|
1092
|
FEBRUARI
|
632
|
MARET
|
293
|
APRIL
|
656
|
MEI
|
367
|
JUNI
|
124
|
JULI
|
143
|
AGUSTUS
|
344
|
SEPTEMBER
|
|
OKTOBER
|
|
NOVEMBER
|
|
DESEMBER
|
- DATA
PEMINJAMAN DALAM TAHUN INI
JANUARI
|
121
|
FEBRUARI
|
91
|
MARET
|
45
|
APRIL
|
54
|
MEI
|
45
|
JUNI
|
9
|
JULI
|
22
|
AGUSTUS
|
122
|
SEPTEMBER
|
|
OKTOBER
|
|
NOVEMBER
|
|
DESEMBER
|
O. PENGOLAHAN BAHAN PUSTAKA
Jenis
pengelolaan yang dilaksanakan Perpustakaan Spensa Smart SMP 1 Sukoharjo Meliputi
:
- PENGECAPAN
BUKU
Semua bahan pustaka, khususnya
bahan pustaka tercetak diberi identitas berupa stempel.
Ada 3(tiga) macam stempel:
-
Stempel
Identitas, ditempatkan dihalaman judul dan halaman terakhir.
-
Stempel
samping buku, ditempatkan di sisi buku.
-
Stempel
Inventaris, ditempatkan dibalik halaman judul.
- INVENTARIS
BUKU
Setelah buku ditempel,
buku-buku yang masuk perpustakaan tersebut dicatat pada buku induk. Setiap buku
memiliki nomor induk. Hal ini untuk mengetahui jumlah koleksi yang dimiliki
perpustakaan.
- KLASIFIKASI
Adalah
pengelompokan buku pustaka menurut golongan atau jenis dalam beberapa kelas.
Pengelompokan berdasarkan subjek atau buku pedoman klasifikasi yang digunakan
oleh Perpustakaan Spensa Smart.
Pustaka
adalah menggunakan kelas DDC (Dewey Decimal Classification). Disebut
persepuluhan karena menyusun ilmu pengetahuan ke dalam 10(sepuluh) golongan
yang diberikan notasi 0-9, pembagiannya sebagai berikut :
000-099
100-200
200-300
300-399
400-499
|
Karya Tulis
Filsafat
Agama
Ilmu Bahasa
Bahasa
|
500-599
600-699
700-799
800-899
900-999
|
Ilmu bahasa
Teknologi
Seni, Budaya dan Olahraga
Sastra
Sejarah dan Geografi
|
- KATALOG
Guna memberikan petunjuk
secara cepat dan tepat kepada perpustakaan dan sebagai alat Bantu mencari
menulis bahan pustaka, kami sediakan bentuk catalog kartu. Terdapat 3 (tiga)
jenis catalog, yaitu :
1. Katalog pengarang : Kata utama topic pengarang
2. Kataolg Judul :
Kata utama judul buku
3. Katalog Subjek :
Kata utama subjek judul
Buku catalog yang dicantumkan
dalam catalog yaitu :
a. Nama pengarang g. Tahun terbit
b. Judul buku h.
Edisi/Cetakan
c. Code number i. judul halaman
d. Jilid j. Ilustrasi
e. Kota terbit k. Nomor ISBN
f. Nama Penerbit l. Keterangan seri
- Perlengkapan
Bahan Pustaka
Perlengkapan, terdiri dari :
a. Kartu buku
b. Lembar tanggal kembali
c. Label buku
d. Bercode buku
- Kelengkapan
Pengolahan Bahan Pustaka
1. Buku Induk 5.
Kantong buku
2. Stempel 6. Slip buku
3. Kartu Majalah 7. Label
4. Kartu catalog 8. Tanggal kembali
- Kelengkapan
Layanan
1. Kartu Anggota 4. Buku Pengunjung
2. Buku Pinjaman 5. Buku Denda
3. Buku Anggota
- Kelengkapan
Administrasi
1. Buku Laporan Keuangan 8. Grafik
2. Buku Tamu 9.
Struktur organisasi
3. Buku Inventaris barang 10. Buku Notulen
4. Buku Laporan kegiatan Perpustkaan 11. Buku undangan rapat koordinasi
perpus
5. Tata Tertib 12. Buku daftar hadir undangan rapat
6. Denah ruang 13.
Daftar surat masuk
7. Statistik 14. Daftar surat keluar
P. PROGRAM PERPUSTAKAAN SEKOLAH SMP N 1
SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2015/2016
A.PENDAHULUAN
Perpustakaan sekolah adalah
perpustakaan yang tergabung pada sebuah sekolah, dikelola sepenuhnya oleh
sekolah yang bersangkutan dengan tujuan usaha membantu sekolah untuk mencapai
tujuan khusus sekolah dan tujuan pendidikan pada umumnya…(Sulistiyo Basuki,
1993). Disamping itu dalam penjelasan Undang-undang Pendidikan Nasional kita,
disebutkan bahwa salah satu sumber belajar di sekolah yang amat penting tetapi
bukan satu-satunya adalah perpustakaan. Sebagai salah satu sumber belajar di
sekolah perpustakaan membantu tercapainya misi dan visi sekolah tersebut.
Mengingat pentingnya peran perpustkaan sekolah maka perlu adanya suatu
pengelolaan / manajemen yang tepat dan cepat.
Q. DASAR HUKUM
- Undang-Undang Republik Indonesia
Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
- Peraturan Pemerintah Republik Indonesia
Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasioanl Pendidikan
- Undang-Undang Republik Indonesia
Nomor 43 tahun 2007 tentang Perpustakaan Perpustakaan.
- Surat Keputusan Kepala SMP N 1
Sukoharjo Nomor 800/527.b Tahun
2010 tentang pengangkatan kepala Perpustakaan SMP N 1 Sukoharjo tahun ………
R. TUJUAN
C.1 TUJUAN UMUM
Menjadi perpustakaan sekolah
berbasis ICT terdepan di Wonosobo seerta pusat IPTEK dan sumber belajar warga
sekolah guna mendukung kegiatan belajar mengajar di sekolah dan merealisasi
visi misi serta suksesnya program SKM.
C.2 TUJUAN KHUSUS
1. Mengembangkan minat, kemampuan dan
kebiasaan membaca khususnya serta mendayagunakan budaya tulisan dalam berbagai sector
kehidupan.
2. Mengembangkan kemampuan mencari dan
mengolah serta memanfaatkan informasi.
3. Mendidik siswa agar memelihara dan
memanfaatkan bahan pustaka secara tepat guna dan berhasil guna.
4. Meletakkan dasar kearah proses
pembelajaran mandiri.
5. Memupuk dan mengembangkan minat baca
siswa.
6. Menumbuhkan penghargaan siswa terhadap pengalaman
imajinatif.
7. Mengembangkan kemampuan untuk memecahkan masalah
yang dihadapi atas tanggung jawab dan usaha sendiri.
C3. TUJUAN STRATEGIK
1. Melaksanakan layanan perpustakaan berbasis
ICT.
2. Merintis E_Library untuk wider accesing
informasi & IPTEK.
3. Mewujudkan kualitas dan kuantitas buku
bacaan dan referensi.
4. Melayani semua warga sekolah dengan
layanan prima.
5. Menerapkan administrasi pustaka yang
professional dan akuntabel.
S. FUNGSI PERPUSTAKAAN SEKOLAH
Perpustakaan
Sekolah berfungsi sebagai pusat belajar mengajar, pusat innformasi, pusat
penelitian sederhana dan rekreasi sehat melalui bacaan hiburan. Dalam kaitan
dengan kurikulum yang diterapkan di SMP 1 Sukoharjo, perpustakaan sekolah
berfungsi :
- Wadah
atau wahana pengetahuan, administrasi dan organisasi yang sesuai sehingga
memudahkan penggunanya.
- Sumber
rujukan (reference centre) siswa, guru, tenaga bimbingan , tenaga
administrasi dan pegawai yang berada dibawah naungan SMP Sukoharjo.
- Sarana
pendukung dalam proses belajar mengajar, guna mencaai tujuan pendidikan
nasional.
- Pusat
informasi bagi kegiatan belajar mengajar.
- Sumber
yang menyediakan bahan-bahan yang bermanfaat bagi kegiatan penunjang
kegiatan belajar mengajar, seperti kegiatan yang berkaitan dengan budaya,
seni, kreasi dan budaya.
0 Komentar