PROFIL PERPUSTAKAAN
SMP 1 SUKOHARJO, KABUPATEN WONOSOBO


A.     LATAR BELAKANG
Berdasarkan Undang-Undang Nomor 2 tahun 1989 Pasal 35 tentang sistem pendidikan Nasional dinyatakan bahwa pendidikan tidak mungkin terselenggara dengan baik bilamana tenaga kependidikan dan peserta didik tidak didukung oleh  sumber belajar yang diperlukan untuk penyelenggaraan kegiatan belajar yang bersangkutan. “salah satu sumber belajar yang amat penting tetapi bukan satu-satunya adalah perpustakaan sekolah” yang memungkinkan para tenaga pendidik, tenaga kependidikan dan para peserta didik memperoleh pengetahuan, sedangkan dalam Undang-Undang Pendidikan Nasional yang baru Nomor 20 tahun 2003 pasal 45 tidak secara implisit menyebutkan bahwa “agar setiap satuan pendidikan jalur pendidikan harus menyediakan perpustakaan sebagai sumber belajar. Namun undang-undang tersebut menyatakan bahwa “setiap satuan pendidikan formal dan non formal menyediakan sarana dan prasarana yang memenuhi keperluan pendidikan sesuai dengan pertumbuhan dan perkembangan potensi fisik, kecerdasan, intelektual, sosial, emosional dan kejiwaan peserta didik. Secara Implisit perpustakaan termasuk dalam pengertian sarana dan prasarana pendidikan, maka pengadaannya harus memenuhi ketentuan tersebut.
Dengan memperhatikan Undang-Undang tersebut maka Perpustakaan Sekolah perlu ditumbuh kembangkan dan diberdayakan sesuai amanat tersebut, oleh karena itu Perpustakaan SMP 1 Sukoharjo berupaya untuk mengembangkan dan meningkatkan dalam Pengelolaan Perpustakaan.
Dalam rangka mengembangkan dan meningkatkan fungsi dan peran Perpustakaan SMP 1 Sukoharjo perlu dipertimbangkan hal-hal antara lain :
a.       Kondisi gedung/ruang perpustakaan
b.      Petugas pengelola / Sumber Daya Manusia
c.       Bahan koleksi dan pengolahannya
d.      Sumber dana
Dengan didukung gedung/ruang perpustakaan yang memadai serta petugas pengelola yang handala akan mempercepat terwujudnya tujuan dan fungsi perpustakaan.
Perpustakaan sekolah akan lebih bermanfaat jika benar-benar memperlancar pencapaian tujuan proses pembelajaran di sekolah. Indikasi manfaat tersebut tidak hanya tingginya prestasi peserta didik, tetapi lebih jauh lagi, antara lain peserta didik mampu mencari, menemukan, menyaring dan menilai informasi, terbiasa belajar sendiri, terlatih bertanggung jawab, serta selalu mengikuti perkembangan ilmu penetahuan dan teknologi.

B.     TUJUAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH
Selain untuk mengaktualisasi UU No. 2 Tahun 1989 Pasal 35 tersebut, Perpustakaan Sekolah mempunyai tujuan utama yaitu membantu proses belajar mengajar disekolah agar para pendidik, para tenaga kependidikan dan para peserta didik mendapat kemudahan dalam mengembangkan ilmu pengetahuan yang dipelajari.

C.     FUNGSI PERPUSTAKAAN
Perpustakaan Sekolah juga mempunyai fungsi yang sangat strategis sebagaimana Surat keputusan Nomor 108/1981 tentang Pokok-Pokok Kebijakan Pembinaan dan Pengembangan Perpustakaan di Indonesia. Menurut Surat Keputusan tersebut Perpustakaan Sekolah mengembangkan fungsi sebagai berikut :
  1. Sebagai pusat kegiatan belajar mengajar
  2. Sebagai pusat penelitian sederhana
  3. Sebagai pusat sarana balajar mandiri dan meningkatkan minat baca
  4. Meningkatkan wawasan dan pengetahuan peserta didik
  5. Sebagai Tempat Rekreasi
  6. Sebagai Pusat Dokumentasi dan Informasi  (PUSDOKINFO).

D.     VISI DAN MISI PERPUSTAKAAN SMP 1SUKOHARJO
-          Visi Perpustakaan SMP 1 Sukoharjo adalah :
“Gemar membaca, unggul dalam prestasi”

-          Misi Perpustakaan SMP 1 Sukoharjo adalah :

1.      Memanfaatkan perpustakaan sekolah secara optimal yang mengarah pada pencapaian mutu pendidikan
2.      Mengembangkan minat baca sebagai upaya meningkatkan pengetahuan dan perluasan dalam wawasan peserta didik
3.      Menggali kreativitas siswa yang sesuai dengan pengembangan bakat, minat, kemampuan dan ketrampilan peserta didik
4.      Mendukung kelancaran proses belajar mengajar dengan menyediakan sarana prasarana yang diperlukan

E.     KEDUDUKAN PERPUSTAKAAN SMP 1 SUKOHARJO
Organisasi Intern Perpustakaan SMP 1 Sukoharjo yaitu dibawah Pembinaan Kepala Sekolah dengan seorang Koordinator sebagai Penanggungjawabnya. Adapun Organisasi Ekstern dengan Organisasi Induknya keberadaan masih dalam satu lingkungan, yaitu Lingkungan SMP 1 Sukoharjo hingga daya jangkau pelayanan Perpustakaan masih dapat dimungkinkan.
Perpustakaan SMP 1 Sukoharjo melayani sirkulasi peminjaman bahan pustaka untuk seluruh warga sekolah : tenaga pendidik, tenaga kependidikan dan peserta didik.

F.      SARANA DAN PRASARANA
Perpustakaan SMP 1 Sukoharjo telah mempunyai sarana dan prasarana pendukung yang cukup memadai untuk keberadaan sebuah Perpustakaan Sekolah. Namun masih harus ditingkatkan sehingga menjadi sebuah perpustakaan yang representatif yang mampu melayani para pengguna jasanya sesuai dengan kemajuan teknologi yang terus berkembang.
Sarana Prasarana tersebut adalah :
NO.
JENIS
VOL
KURANG
1
Gedung / ruangan
1 Unit

2
Luas Bangunan
7 X10 m² dan 9X12 m²

3
Luas ruang layanan
  1. Ruang Koleksi / Referensi
  2. Ruang Baca
  3. Ruang Layanan Sirkulasi
  4. Ruang Administrasi / Pengolah bahan
  5. Selasar
Ruang Gudang / Arsip

7X9 m²
3X10 m²
3X10 m²
4X4 m²

3X7 m²

4
Kapasitas Pengunjung
100


G.    PERALATAN / PERLENGKAPAN
NO.
JENIS
VOL
JUMLAH
STANDAR
1
Meja Sirkulasi / Layanan
Ada
1

2
Rak Penitipan Tas / Locker
Ada
1

3
Rak Buku satu muka
Ada
0

4
Rak Buku dua muka
Ada
3

5
Rak Majalah
Ada
1

6
Rak Koran
Ada
1

7
Meja baca
Ada
10

8
Kursi baca
Ada
100

9
Meja Baca Perorangan / Study carel
Ada
4

10
Meja kerja Petugas
Ada
1

11
Kotak Katalog
Ada
2

12
Rak Atlas
Ada
1

13
Papan Display Buku Baru
Ada
1

14
Almari Referensi
Ada
3

15
Almari Perpustakaan
Ada
-

16
Filling Kabinet
Ada
1

17
Papan Pengumuman
Ada
1

18
Komputer
Ada
6

19
TV
Ada
1

20
CD Player
Ada
1

21
VCD CTL Program
Ada
1

22
Tape Recorder
Ada
1

23
Speaker Active
Ada
2

24
Kipas Angin
Ada
1

25
Stempel Perpustakaan
Ada
2

26
Stempel Inventaris
Ada
2

27
Stempel tanggal
Ada
2







H.     KELENGKAPAN ADMINISTRASI
NO.
JENIS
VOL
JUMLAH
KURANG
1
Buku Pengunjung
Ada
3

2
Buku Peminjaman
Ada
1

3
Buku Tamu
Ada
1

4
Buku Induk Perpustakaan
Ada
4

5
Buku Klasifikasi DDC
Ada
3

6
Buku Daftar Tajuk Subjek
Ada
1

7
Papan Statistik
Ada
1

8
Kartu Anggota / Peminjaman
Ada
-

9
Label Buku
Ada
-

10
Kartu Buku
Ada
-

11
Kantong Kartu Buku
Ada
-

12
Lembar Tanggal Kembali/Kendali
Ada
-


I.        KOLEKSI
DATA KOLEKSI PERPUSTAKAAN
NO
JENIS KOLEKSI
JUMLAH JUDUL
JUMLAH (EKS)
1
BUKU FIKSI
300
370
2
BUKU NON FIKSI
2577
4985
4
BUKU REFERENSI
152
437
5
BUKU KOLEKSI KHUSUS
178
178

JUMLAH KOLEKSI
3207
5970
6
BUKU PAKET
1679
1679
7
SURAT KABAR / TABLOID
2
2
8
MAJALAH
304
304
9
KLIPING
16
16
10
KARYA TULIS
138
138
11
SKRIPSI
2
2
12
TESIS
1
1
13
PTK
2
2
14
LAPORAN PRAKTIK KERJA PERPUSTAKAAN
1
1

JUMLAH KOLEKSI
2145
2145

JUMLAH KESELURUHAN
5352
8115
      KOLEKSI BUKAN BUKU
NO
JENIS KOLEKSI
JUMLAH JUDUL
JUMLAH (EKS)

KARTOGRAFI


1
PETA
15
15
2
GLOBE
2
2
3
PERAGA PENDIDIKAN
-
-

JUMLAH KOLEKSI
16
16

NON BOOK MATERIAL


4
VCD E. Book
-
-
5
MICRO FILM
-
-
6
CASSETE
-
-
7
VIDEO CASSETE
-
-
8
VIDEO DVD
123
123
9
LCD
4
41

JUMLAH KOLEKSI LAIN



J.       PERSONALIA DAN TUGAS PERSONALIA
1.      PERSONALIA
Untuk mengimplementasikan kebijakan pemerintah dan tercapainya tujuan dan fungsi Perpustakaan Sekolah khususnya Tujuan dan Fungsi Perpustakaan SMP 1 Sukoharjo, maka struktur organisasi perpustakaan adalah sebagai berikut :

K.    STRUKTUR ORGANISASI PERPUSTAKAAN SMP 1 SUKOHARJO KABUPATEN WONOSOBO TAHUN PELAJARAN 2017/2018
No
Nama
NIP
Pangkat Gol/Ruang
Jabatan dalam Struktur Organisasi
1
R.OKTRIONO HDS.SPd.MM
19721003 199903 1 011
IVA
Kepala Sekolah
2
Drs.H.M.TAJUDIN
196512141990031009
IVA
Kepala Perpustakaan
3
KHASAN TOLABI
19621215 19903 1 013
III B
P. Pengadaan
4
KETTY USTETTY, S.Pd
19800913 200903 2005
III B
P. Pengolahan
5
ISTINGANATUN NAFISYAH, S.I. Pust
-
-
P. Pelayanan

L.     RINCIAN TUGAS PENGELOLA PERPUSTAKAAN
1.      KEPALA / KOORDINATOR PERPUSTAKAAN
a.       Bersama petugas perpustakaan menyusun program kerja perpustakaan
b.      Mengadakan koordinasi dan pengawasan semua kegiatan perpustakaan sekolah sehingga semua mengarah pada tujuan.
c.       Mengadakan supervisi pelaksanaan tugas kegiatan perpustakaan secara terencana dan berkelanjutan.
d.      Mengadakan kerjasama dengan perpustakaan umum kabupaten Wonosobo dan institute terkait.
e.       Menyusun pelaporan kegiatan perpustakaan bersama staf perpustakaan.
2.      PETUGAS UNIT TATA USAHA
a.       Mengerjakan buku agenda surat masuk dan keluar





b.      Melakukan Pengarsipan surat masuk dan keluar.
c.       Mengelola keuangan perpustakaan
d.      Mengadakan dan melakukan perawatan buku-buku dan sarana prasarana perpustakaan.
e.       Menyusun laporan kegiatan sesuai dengan program kerja
3.      PETUGAS UNIT LAYANAN TEKNIS
a.       Mengadakan bahan-bahan pustaka
b.      Menginventarsasi bahan-bahan pustaka
c.       Mengklasifikasi dan katalogisasi buku-buku perpustakaan
d.      Membuat perlengkapan buku (call number, catalog buku, kartu buku dan slip tanggal)
e.       Menyusun buku sesuai dengan klasifikasinya.
f.       Melakukan print out data untuk catalog, barcode dan kartu anggota.
g.      Membuat daftar statistic pengunjung, peminjam dan buku yang dipinjam.
h.      Membuat Grafik Pengunjung, Peminjam dan Buku yang dipinjam.
i.        Mendata Penerimaan Surat Kabar dan Majalah.
4.      PETUGAS UNIT LAYANAN PEMBACA
a.       Melayan Peminjaman dan Pengembalian Buku
b.      Mengarahkan dan Membimbing para Pembaca
c.       Memberikan bantuan Informasi
d.      Membantu Layanan Referensi, Audio visual Bekerjasama dengan Petugas Perpustakaan lain.
e.       Kerja rutin harian, seperti :
-          Membubuhkan stempel pada buku baru.
-          Mengklasifikasi buku-buku.
-          Memasang kantong buku dan kartu buku.
-          Memasang sampul buku.
-          Menginventarisasi pada buku induk.
-          Memasukkan dan merapikan kembali buku-buku di almari dan rak buku
-          Melakukan pencatatan statistic harian.
-          Melayani sirkulasi peminjam dan pengembalian kolesi perpustakaan.
-          Melakukan perawatan buku-buku yang rusak.

M.   TUGAS PERSONALIA
  1. PEMBINA / PENANGGUNG JAWAB :
a.       Bertanggung jawab secara umum agar Perpustakaan dapat berdaya guna dan berhasil guna sesuai dengan Undang-undang No. 2 Tahun 1989 Pasal 3 tentang Penyelenggaraan Pendidikan.
b.      Memberikan pembinaan melalui kursus-kursus atau mengikutsertakan Petugas Perpustakaan dalam Pelatihan-pelatihan yang diadakan oleh Dinas Pendidikan, Kantor Perpustakaan Daerah untuk meningkatkan Skill petugas perpustakaan.
c.       Mengalokasikan Dana Perpustakaan untuk :
-          Perbaikan sarana / ruang Perpustakaan.
-          Menambah Koleksi buku-buku Perpustakaan.
-          Meningkatkan Kesejahteraan Petugas Perpustakaan.
-          Pembenahan Administrasi
  1. KOORDINATOR :
a.      Sebagai Koordinator Perpustakaan bertugas :
-          Membuat Program Perpustakaan baik jangka pendek, menengah dan jangka panjanag.
-          Mengadakan kerjasama dengan Perpustakaan Umum baik Kabupaten, Provinsi atau Nasioanal dan Perpustakaan Sekolah lainnya.
-          Membuat Laporan Penanggungjawaban  Pelaksanaan Perpustakaan setiap tahunnya.
b.      Sebagai Bahan Pengadaan Bahan Pustaka :
-          Menyusun rencana pengadaan bahan-bahan pustaka.
-          Mengadakan pembelian bahan-bahan pustaka.
-          Mengajukan permohonan penambahan buku baik ke perpustakaan maupun dinas pendidikan.
c.       Sebagai Bagian Pengolahan Bahan Pustaka :
-          Membuat Buku Induk Perpustakaan.
-          Mengklasifikasi Bahan Pustaka.
-          Membuat Grafik Pengunjung, Peminjam dan Buku yang dipinjam.
-          Membuat Pelayanan Informasi.
  1. BAGIAN PELAYANAN :
-          Melayani pengguna Perpustakaan baik Peminjam / Pengunjung / Pembaca perpustakaan.
-          Menyusun bahan pustaka agar sesuai dengan kelasnya.
-          Menghitung jumlah pengunjung / Pembaca / Peminjam Buku Perpustakaan setiap hari.
-          Mendata keluar masuknya Koran / Majalah.
-          Membuat Buku Induk Anggota.
-          Menyusun Buku sesuai dengan Klasifikasinya.
-          Pengecapan, penyampulan buku Perpustakaan.
-          Merapikan dan membersihkan ruang Perpustakaan.
-          Membantu bagian Pelayanan.
  1. KERJA RUTIN HARIAN :
a.       Memberi stempel pada buku-buku yang baru.
b.      Mengklasifikasi buku.
c.       Memasang Label Buku.
d.      Memasang kantong buku dan kartu buku.
e.       Memasang Slip Pengembalian.
f.       Memasang sampul buku.
g.      Menginventarisasikan di Buku Induk.
h.      Mengisi Buku Pengolahan Katalogisasi Deskripsi.
i.        Membuat Katalogisasi.
j.        Memasukkan buku pada rak, almari yang telah ditentukan menurut Sistem DDC.
k.      Mencatat Sirkulasi Harian.
l.        Melayani Sirkulasi Peminjaman dan Pengembalian Koleksi Perpustakaan.
m.    Merawat buku-buku yang rusak dan Penjilidan.
n.      Mengarsip Soal-soal Ulangan Umum Semester II dan II.
o.      Mengarsip Soal-soal Ujian Nasional dan Ujian Sekolah.
p.      Mengarsip Karya Tulis.
q.      Mengarsip Kliping Siswa.

N.     DATA STATISTIK PERPUSTAKAAN SMP NEGERI 1 SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2017/2018
  1. DATA PENGUNJUNG DALAM TAHUN INI

JANUARI
1092
FEBRUARI
632
MARET
293
APRIL
656
MEI
367
JUNI
124
JULI
143
AGUSTUS
344
SEPTEMBER

OKTOBER

NOVEMBER

DESEMBER




  1. DATA PEMINJAMAN DALAM TAHUN INI
JANUARI
121
FEBRUARI
91
MARET
45
APRIL
54
MEI
45
JUNI
9
JULI
22
AGUSTUS
122
SEPTEMBER

OKTOBER

NOVEMBER

DESEMBER


O.     PENGOLAHAN BAHAN PUSTAKA
Jenis pengelolaan yang dilaksanakan Perpustakaan Spensa Smart SMP 1 Sukoharjo Meliputi :
  1. PENGECAPAN BUKU
Semua bahan pustaka, khususnya bahan pustaka tercetak diberi identitas berupa stempel.
Ada 3(tiga) macam stempel:
-          Stempel Identitas, ditempatkan dihalaman judul dan halaman terakhir.
-          Stempel samping buku, ditempatkan di sisi buku.
-          Stempel Inventaris, ditempatkan dibalik halaman judul.
  1. INVENTARIS BUKU
Setelah buku ditempel, buku-buku yang masuk perpustakaan tersebut dicatat pada buku induk. Setiap buku memiliki nomor induk. Hal ini untuk mengetahui jumlah koleksi yang dimiliki perpustakaan.
  1. KLASIFIKASI
Adalah pengelompokan buku pustaka menurut golongan atau jenis dalam beberapa kelas. Pengelompokan berdasarkan subjek atau buku pedoman klasifikasi yang digunakan oleh Perpustakaan Spensa Smart.
Pustaka adalah menggunakan kelas DDC (Dewey Decimal Classification). Disebut persepuluhan karena menyusun ilmu pengetahuan ke dalam 10(sepuluh) golongan yang diberikan notasi 0-9, pembagiannya sebagai berikut :
000-099
100-200
200-300
300-399
400-499
Karya Tulis
Filsafat
Agama
Ilmu Bahasa
Bahasa
500-599
600-699
700-799
800-899
900-999
Ilmu bahasa
Teknologi
Seni, Budaya dan Olahraga
Sastra
Sejarah dan Geografi
                                                                                                           
  1. KATALOG
Guna memberikan petunjuk secara cepat dan tepat kepada perpustakaan dan sebagai alat Bantu mencari menulis bahan pustaka, kami sediakan bentuk catalog kartu. Terdapat 3 (tiga) jenis catalog, yaitu :
1. Katalog pengarang              : Kata utama topic pengarang
2. Kataolg Judul                      : Kata utama judul buku
3. Katalog Subjek                   : Kata utama subjek judul
Buku catalog yang dicantumkan dalam catalog yaitu :
a.       Nama pengarang               g. Tahun terbit
b.      Judul buku                        h. Edisi/Cetakan
c.       Code number                    i. judul halaman
d.      Jilid                                   j. Ilustrasi
e.       Kota terbit                         k. Nomor ISBN
f.       Nama Penerbit                  l. Keterangan seri
  1. Perlengkapan Bahan Pustaka
Perlengkapan, terdiri dari :
a.       Kartu buku
b.      Lembar tanggal kembali
c.       Label buku
d.      Bercode buku
  1. Kelengkapan Pengolahan Bahan Pustaka
1.      Buku Induk                                   5. Kantong buku
2.      Stempel                                         6. Slip buku
3.      Kartu Majalah                               7. Label
4.      Kartu catalog                                8. Tanggal kembali
  1. Kelengkapan Layanan
1.      Kartu Anggota                              4. Buku Pengunjung
2.      Buku Pinjaman                              5. Buku Denda
3.      Buku Anggota
  1. Kelengkapan Administrasi
1. Buku Laporan Keuangan                            8.   Grafik
2. Buku Tamu                                                 9.   Struktur organisasi
3. Buku Inventaris barang                               10. Buku Notulen
4. Buku Laporan kegiatan Perpustkaan          11. Buku undangan rapat koordinasi perpus
5. Tata Tertib                                                   12.  Buku daftar hadir undangan rapat
6. Denah ruang                                                13.  Daftar surat masuk
7. Statistik                                                       14.  Daftar surat keluar

P.      PROGRAM PERPUSTAKAAN SEKOLAH SMP N 1 SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2015/2016
A.PENDAHULUAN
Perpustakaan sekolah adalah perpustakaan yang tergabung pada sebuah sekolah, dikelola sepenuhnya oleh sekolah yang bersangkutan dengan tujuan usaha membantu sekolah untuk mencapai tujuan khusus sekolah dan tujuan pendidikan pada umumnya…(Sulistiyo Basuki, 1993). Disamping itu dalam penjelasan Undang-undang Pendidikan Nasional kita, disebutkan bahwa salah satu sumber belajar di sekolah yang amat penting tetapi bukan satu-satunya adalah perpustakaan. Sebagai salah satu sumber belajar di sekolah perpustakaan membantu tercapainya misi dan visi sekolah tersebut. Mengingat pentingnya peran perpustkaan sekolah maka perlu adanya suatu pengelolaan / manajemen yang tepat dan cepat.

Q.     DASAR HUKUM
  1. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
  2. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasioanl Pendidikan
  3. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 43 tahun 2007 tentang Perpustakaan Perpustakaan.
  4. Surat Keputusan Kepala SMP N 1 Sukoharjo  Nomor 800/527.b Tahun 2010 tentang pengangkatan kepala Perpustakaan SMP N 1 Sukoharjo tahun ………

R.     TUJUAN
C.1 TUJUAN UMUM
Menjadi perpustakaan sekolah berbasis ICT terdepan di Wonosobo seerta pusat IPTEK dan sumber belajar warga sekolah guna mendukung kegiatan belajar mengajar di sekolah dan merealisasi visi misi serta suksesnya program SKM.
C.2 TUJUAN KHUSUS
1.      Mengembangkan minat, kemampuan dan kebiasaan membaca khususnya serta mendayagunakan budaya tulisan dalam berbagai sector kehidupan.
2.      Mengembangkan kemampuan mencari dan mengolah serta memanfaatkan informasi.
3.      Mendidik siswa agar memelihara dan memanfaatkan bahan pustaka secara tepat guna dan berhasil guna.
4.      Meletakkan dasar kearah proses pembelajaran mandiri.
5.      Memupuk dan mengembangkan minat baca siswa.
6.      Menumbuhkan penghargaan siswa terhadap pengalaman imajinatif.
7.      Mengembangkan kemampuan untuk memecahkan masalah yang dihadapi atas tanggung jawab dan usaha sendiri.
C3. TUJUAN STRATEGIK
1.      Melaksanakan layanan perpustakaan berbasis ICT.
2.      Merintis E_Library untuk wider accesing informasi & IPTEK.
3.      Mewujudkan kualitas dan kuantitas buku bacaan dan referensi.
4.      Melayani semua warga sekolah dengan layanan prima.
5.      Menerapkan administrasi pustaka yang professional dan akuntabel.

S.      FUNGSI PERPUSTAKAAN SEKOLAH
Perpustakaan Sekolah berfungsi sebagai pusat belajar mengajar, pusat innformasi, pusat penelitian sederhana dan rekreasi sehat melalui bacaan hiburan. Dalam kaitan dengan kurikulum yang diterapkan di SMP 1 Sukoharjo, perpustakaan sekolah berfungsi :
  1. Wadah atau wahana pengetahuan, administrasi dan organisasi yang sesuai sehingga memudahkan penggunanya.
  2. Sumber rujukan (reference centre) siswa, guru, tenaga bimbingan , tenaga administrasi dan pegawai yang berada dibawah naungan SMP  Sukoharjo.
  3. Sarana pendukung dalam proses belajar mengajar, guna mencaai tujuan pendidikan nasional.
  4. Pusat informasi bagi kegiatan belajar mengajar.
  5. Sumber yang menyediakan bahan-bahan yang bermanfaat bagi kegiatan penunjang kegiatan belajar mengajar, seperti kegiatan yang berkaitan dengan budaya, seni, kreasi dan budaya.